Jumat, 02 Juni 2017

14 Cara Mudah Mermpercepat Kinerja dan Performa Windows 10

Cara Mempercepat Performa Windows 10 - Pada saat ini,sudah banyak orang orang memakai Windows 10. Windows 10 sendiri memiliki kemampuan dan kinerja yang baik apabila mencapai system requirement, tetapi untuk beberapa kasus, orang orang masih merasa performa dan kinerja windows 10 dirasa masih terasa lambat atau bahkan dari awalnya yang cepat lama kelamaan menjadi lambat.
windows 10 cara mempercepat windows 10

Oleh karena itu, saya akan memberikan sedikit ilmu yang setidaknya dapat kalian coba dan kalian terapkan, untuk segala resiko dan error ditanggung sendiri, namun saya masih dapat membantu apabila terjadi kesalahan dan lain-lain, caranya kalian dapat menyampaikan keluhan kalian di kolom komentar, dan insya allah saya balas.

Baiklah, tidak bertele-tele lagi, inilah Cara Mudah Mermpercepat Kinerja dan Performa Windows 10.

1. Memenuhi System Requirement atau Standar Kebutuhan Sistem

Dan yang pertama ini,merupakan poin penting dari segalanya. untuk dapat menginstall dan menjalankan windows 10, tentu ada syarat atau suatu standar bagi pc atau laptop kalian. Yang mana standar yang ditetapkan pihak Microsoft sendiri seperti ini :
  • Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC.
  • RAM: 2GB for both 32-bit and 64-bit.
  • Hard disk space: 16GB for 32-bit OS or 20GB for 64-bit OS.
  • Graphics card: DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver.
  • Display: 800-by-600 resolution.
Tentu sebenarnya, syarat atau standar diatas tidak lah selalu menjadi patokan,toh banyak beberapa kasus dimana komputer yang memiliki spesifikasi dibawah system requirement ini mampu menginstall dan menjalankan windows 10. Namun kembali lagi kemasalah performanya, apakah computer atau laptop mampu menjalankannya dengan stabil dan lancar? namun ada baiknya, lakukanlah Upgrade untuk komputer atau laptop kalian agar windows 10 berjalan dengan baik.

2. Lakukan Upgrade Hardware 

14 Cara Mudah Mermpercepat Kinerja dan Performa Windows 10
Yap seperti yang saya katakana pada point pertama, ada baiknya melakukan Upgrade, terutama pada bagian Hardware atau perangkat keras, perangkat keras seperti prosessor,ram,atau bahkan vga dan HDD sebagai penyimpanan,namun untuk performa yang lebih tangguh dan cepat kalian bisa memakai SDD yang tentunya dengan merogoh kocek sedikit dalam.

3. Mematikan Aplikasi Latar Belakang atau Background Apps

Apabila windows 10 kamu menjalankan berbagai program dalam jumlah banyak dan bersamaan, tentu akan sangat menguras kinerja ram dan prosessor,  untuk mematikan beberapa background apps tersebut kalian bisa dengan mudahnya menghentikannya di Task Manager,namun kalian harus berhati-hati dan tahu proses apa yang kalian hentikan.


Harus hati hati ya, tapi tenang, apabila mengalami error dan kalian tidak tau harus bagaimana,bisa melakukan restart karena nantinya background apps akan kembali berjalan apabila system dijalankan ulang.

4. Memilih Aplikasi yang Dijalankan Ketika Windows 10 Kalian Berjalan di Startup


Pada saat windows 10 kalian memulai atau istilahnya Booting, tentu akan ada aplikasi yang berjalan secara otomatis tanpa kalian jalankan, terkadang kita lupa untuk sekedar men-exitnya di taskbar, daripada repot-repot,kalian bisa dengan mudah mematikannya pada bagian startup, caranya cukup masuk Task Manager,lalu pada bagian Startup kalian pilih aplikasi apa yang kalian perbolehkan berjalan di awal booting, dan juga di bagian subcolomnya terdapat Startup Impact, itu artinya,seberapa pengarus aplikasi tersebut apabila dijalankan pada awal booting.

5. Mematikan Visual Effect

Untuk poin satu ini, hanya berlaku bagi kalian yang lebih memikirkan kinerja dan performa daripada tampilan, karena dengan mematikan Visual Effect, kalian tidak akan menjumpai tampilan windows 10 yang elegan dan interaktif namun kalian akan mendapatkan performa terbaik. Caranya yaitu :


Keterangan :
1. Kalian tekan kombinasi tombol Windows+R lalu keluarlah Run, lalu masukan SystemPropertiesAdvanced lalu tekan OK.
2. Lalu klik setting pada bagian Performance
3. Lalu pilih pilihan atau bulat no.3 ( Adjust Best Performance ) lalu ok.
Lalu setelah ini, windows 10 kalian sudah berjalan lancar, apabila masih kurang,silahkan scroll kebawah terus.

6. Meng-Uninstall Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan


Lalu apabila dirasa masih lambat, hapus atau Uninstall lah aplikasi yang tidak berguna atau tidak kalian pakai lagi,karena setelah kalian menghapusnya maka ruang pada memori HDD kalian akan lebih lega dan juga menghapus servicesnya yang berjalan dan mengurangi jumlah resouces.

7.Membiasakan Meng-Install Aplikasi yang Ringan Resource

Disaat sekarang in, sudah banyak aplikasi bertebaran di internet, oleh karena itu kita harus pintar memilih aplikasi yang ringan tanpa memakan resource RAM berlebihan. Sebagai contoh kalian terbiasa memakai browser Mozilla,menurut saya Mozilla sedikit mengalami masalah dalam hal resource,browser sejuta umat ini, terlalu banyak memakan ram dan dapat mengakibatkan windows kalian melambat apalagi bagi kalian yang terbiasa Multi-Tasking.

Nah sebagai gantinya, kalian bias menggunakan Microsoft Edge sebagai browser kalian,karena setelah saya bandingkan,ternyata Microsoft Edge lebih unggul dalam efisiensi penggunaan Ram jauha meninggalkan Mozilla yang terlalu banyak memakan resource RAM apalagi ketika membuka banyak tab.

14 Cara Mudah Mermpercepat Kinerja dan Performa Windows 10
14 Cara Mudah Mermpercepat Kinerja dan Performa Windows 10

Pada gambar diatas,kalian bias lihat perbedaan yang sangat signifikan kan? oleh karena hapus saja aplikasi pemakan resource besar tersebut dan ubahlah ke yang lebih ringan.

8. Memberikan Ruang yang Lebih pada Hardisk Kalian

Dengan memberikan ruang lebih pada hardisk kalian,terutama pada partisi dimana system di install (biasanya c), maka performa windows 10 kalian lebih lancer dan stabil. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberikan ruang pada HDD anda.

9. Mengaktifkan Disk Write Caching

Fitur Disk Write Caching ini adalah fitur yang memanfaatkan RAM sebagai tempat penyimpanan data sementara/cache sebelum akhirnya dikirim ke hardisk. Nah dengan cara ini mampu meningkatkan performa windows 10 kalian. Caranya yaitu :

1. Masuklah ke Device Manager lalu lihat pada bagian Disk Drives lalu pilih hardisk kalian,klik kanan,lalu pilih properties 

2. Setelah Properties terbuka,lalu pada tab Policies lihat tulisan Enable Write Caching On Device silahkan centang kotaknya dan OK.

10. Tidak Menggunakan Skin atau Tema 

Untuk yang satu ini,kalian harus benar benar memikirkannya,apabila kalian lebih memikirkan performa,ada baiknya jangan menggunakan tema, karena banyak sekali tema yang memakan banyak kinerja computer mu dan hanya membuat windows mu melambat,bahkan tak jarang yang mengalami error karena memasang Tema/Skin.

11. Mendefragment Secara Berkala 

Lakukan lah Defragment Disk pada Hardisk kalian, men Defragment bertujuan untuk merapikan file kamu yang berantakan. Dan hasil dari men defragment juga cukup membantu dalam meningkatkan performa dan kinerja Windows 10 kalian.

12. Menginstall Aplikasi Utility 

Kalian dapat dengan mudah menghapus file sampah,cache yang tidak digunakan dan lain-lain dalam beberapa klik saja,itulah kelebihan aplikasi pihak ketiga ini, mereka mampu memudahkan kita dalam menghapus hal yang tidak berguna dan hanya memperlamban, contoh dari aplikasi ini yaitu CCleaner dan GlaryUtilities

13. Rajin Men-Scan Virus Secara Rutin

Dengan semakin banyaknya virus yang berkembang,maka memungkinkan malware dan lain lainnya untuk menjangkiti komputer sehingga mengakibatkan windows 10 kalian melamban,oleh karena itu kalian perlu lebih rajin men-scan virus, gunakanlah anti-virus kenamaan seperti Kaspersky,Bitdefender,Avast dan lain-lain, atau bagi kalian yang tidak ingin ribet,bisa percaya pada Windows Defender, yaitu anti virus bawaan Windows 10
Bitdefender free edition
Bitdefender Free

Dan jangan lupa untuk selalu meng-update anti virus kalian.

14.Update Windows dan Driver

Untuk mendapatkan performa dan keamanan terbaik, tidak ada salahnya kita melakukan update baik pada windows maupun pada driver software seperti driver VGA, yang mana biasanya pada sebuah update,mereka menambal dan menutupi segala kekurangan yang ada di versi sebelumnya. Jadi sangat di rekomendasikan bagi kalian.

Oke Sob! Jadi itulah sedikit ilmu dari saya mengenai Meningkatkan Performa dan Kinerja Windows 10 kalian, perlu diketahui, saya sangat bersedia membantu,apabila kalian mengalami error dan sebelumnya juga saya tidak menjamin cara diatas bisa untuk anda, tapi cara-cara diatas sangat layak dicoba.

Sekian Terima Kasih. 14 Cara Mudah Mermpercepat Kinerja dan Performa Windows 10


EmoticonEmoticon